(ketika mencari) Rangkaian Termometer Digital ketemunya…

LTP (Low Temperature Physics)!

Wadooohhh… Padahal gua mau cari yang sederhana-sederhana aja. Lha kok ketemuannya sama yang ginian.

Jadi begini cerita lengkapnya. Kan dosen pengukuran dan instrumentasi ngasih tugas bikin termometer yang akurat, jadi gua nyari-nyari bahan-bahan apa aja yang dibutuhkan. Dan sebetulnya gua juga udah buat rangkaiannya sendiri. Tapi karena nggak yakin itu akurat atau semacamnya, aku memutuskan untuk mencari over paman gugel dengan keywords “modern thermometer circuit”.

Eng-ing-eng…

Aku masuk ke halaman LTP. Dan gua menemukan sesuatu yang memang ada hubungannya dengan termometer yang akurat. Tapi ini kelewat akurat! Dan salah satu yang aku temui adalah gambar di atas. Nggak jelas… -_-‘ Pake helium3 kek, helium4 kek, terus ada efek kuantumnya. Terus ada persamaan matematika yang gua nggak pernah liat di persamaan rangkaian listrik. Kayak liat rumput tengi di kebon rumah aja… Hahahaha…

Padahal, harusnya aku membuat pengembangan rangkaian dari gambar sesederhana ini!

Akhirnya, aku memutuskan tidak memakai apa yang dituturkan jurnal itu. Nanti pas pulang bisa-bisa aku ketemu kucing item di jalan. Hahaha…