I’m Proud being Engineer

Hmmm…

Iseng-iseng tadi gua bikin wallpaper geje untuk komputer gua. Temanya adalah keprofesian. Karena gua bingung mau kerja atau kuliah S2 abis ini. Pengen langsung kerja tapi gua pengen ngelanjutin riset yang belum kesampaian. Pengen ngelanjutin riset, tapi gua dah keburu pengin kerja. Bingung. ==’

Dan sebagai gantinya, gua bikin wallpaper geje yang bakal melogokan apapun yang gua pilih abis ini. Engineer atau Researcher. Ahahahahakz-ahakz… Selamat mendonlot bagi yang mendonlot~ 😀

字幕 ぼくは研究者として自慢

字幕 ぼくは研究者として自慢

text-to-speech: be wise be engineer be electronics

text-to-speech: be wise be engineer be electronics

Advertisements

I love LaTeX

LaTeX…

Oh LaTeX…

Saya sudah terlanjur demen sama kamu…

sesi pemotretan di deket mektan: sad stone

sesi pemotretan di deket mektan: sad stone

Dan ternyata WordPress pun demen juga sama kamu…

Btw, anak-anak sudah banyak yang posting LaTeX di blognya. Dan ternyata saya baru tahu kalau emang si WordPress bener-bener bisa nulis LaTeX tanpa perlu susah-susah install plug-in. Mantab lah! Lain kali klo mau posting geje gua coba pake LaTeX di WordPress aja ah.

😀

Testingan pertama, kecepatan angular elektron De Broglie.

v = \sqrt{\frac{\hbar^2}{m^2\lambda^2+\frac{\hbar^2}{c^2}}}

Testingan kedua, medan magnet suatu titik.

B=\frac{\mu_0ia}{4\pi}\int_{0}^{\pi} \frac{dx}{(a^2+x^2)^{3/2}}

Testingan ketiga, persamaan Schrodinger untuk partikel di dalam potensial V(\bar{r},t).

i \hbar \frac{\partial \psi(\bar{r},t)}{\partial t} = - \frac{\hbar^2}{2m} \nabla^2 \psi(\bar{r},t) + V(\bar{r},t)\psi(\bar{r},t)

Testingan keempat, teorema Green untuk analisis Dyadic pertama.

\iiint_V \left\{ [\nabla^{\times} \nabla^{\times} \bar{\bar{Q}}]^T \cdot \bar{\bar{P}} - [\bar{\bar{Q}}]^T \cdot (\nabla^{\times} \nabla^{\times} \bar{\bar{P}}) \right\} dV = \\ -\oint_S \left\{ [\nabla^{\times} \bar{\bar{Q}}]^T \cdot (\mathbf{n} \times \bar{\bar{P}}) + [\bar{\bar{Q}}]^T \cdot (\mathbf{n} \times \nabla^{\times} \bar{\bar{P}}) \right\} dS

Testingan kelima dari buku fisika kuantum, fungsi pembangkit.

\int_{-\infty}^{\infty} e^{-x^2+2zx}e^{x'^2+2zx'}e^{-z^2} dz =\\ \sum_{m=0}^{\infty} \sum_{n=0}^{\infty} \frac{x^mx'^n}{m!n!} \int_{-\infty}^{\infty} H_m(z)H_n(z)e^{-z^2}dz

Testingan keenam, keterdiferensialan.

\frac{d\varphi_n}{dx} = \sqrt{\frac{m \omega}{\hbar}} \sqrt{\frac{1}{2n}} \sqrt{\frac{\sqrt{m \omega/\hbar}}{\sqrt{2}2^{n-1}(n-1)!}} e^{-\frac{1}{2}z^2} (2n)\\ \sum_{j=0}^{N} \frac{(-1)^j(n-1)!}{(n-1-2j)!j!} (2z)^{n-1-2j} -\\ \quad \sqrt{\frac{m \omega}{\hbar}} \left\{ \sqrt{\frac{n+1}{2}} \varphi_{n+1}(x) + \sqrt{\frac{1}{2} \varphi_{n-1}(x)} \right\}

Testingan ketujuh, Tachyon dan teori String.

S = \frac{1}{16\pi G_{10}} \int d^{10} x\sqrt{-g} \left\{ R-\frac{1}{2}(\partial\phi)^2- \frac{e^{a\phi}}{2(p+2)!}F_{p+2}^2\right\}\\ \frac{\Lambda}{16\pi G_{10}} \int d^{p+2} x_{\parallel} \hat{\varrho}_{\perp} \left\{ -V(T)e^{-\phi} \sqrt{-\mathcal{A}} \right\} +\\ \frac{\Lambda}{16\pi G_{10}} \int \hat{\varrho}_{\perp} \mathcal{F}(T)dT \land C_{p+1}

Hwoooohhh!!! WordPress ganteng banget~!!! Rumusnya bagus semua~ Gila, gimana cara bikin LaTeX bisa jadi satu ama WordPress ya? Dan btw, setelah gua nulis ginian gua jadi tergoda lagi untuk mengganti judul TA saya dengan sebuah judul yang baru aja lewat di kepala saya: “On Tachyon Behavior for Neutrino Candidate in Dark Matter Research”. Wkwkwkwkw… OK deh~ Jadi, apa konklusi kita hari ini sodara-sodara? Konklusinya tidak lain dan tidak bukan adalah,

Tuhan tidak bermain dadu dan Dia amat cepat hitungan-Nya.

Selamat menjalani hari indah teman-teman. 😀

Kapitalisme: Benarkah Membawa Kehancuran?

OK guys, di sini saya ingin berbagi tentang tugas artikel Jurnalistik saya. Jadi, ini adalah artikel yang saya kumpulkan ke dosen saya. Hehehe… Karena isinya saya rasa cukup menyentuh, setidaknya untuk diri saya sendiri, saya jadi ingin membagi persepsi ini kepada para pembaca yang lain. 😀

@prambanan: pecel ibu ini enak loooh... ^^

@prambanan: pecel ibu ini enak loooh... ^^

Now, this is one of my think thank. It’s about capitalism! Sesuatu yang dengan mudahnya diteriakkan oleh beberapa orang dengan tendensi untuk menghina sesuatu. Banyak juga dari kalangan muslim yang sangat anti-pati mendengar perkataan ini. Mirip anti-pati ketika mendengar kata Israel, yang padahal itu adalah nama hadiah pemberian Tuhan kepada nabi Ya’kub, yang artinya kekasih Allah. Sekarang, mari kita amati bagaimana dan apa sebenarnya kapitalisme itu.

Kapitalisme merupakan sebuah istilah atau kata, yang cukup sulit dideskripsikan mengingat penggunaannya yang sangat luas pada berbagai macam fenomena yang ada dalam sejarah dan berbagai sudut pandang. Sampai sekarang kapitalisme belum memiliki definisi yang memuaskan semua pihak. Namun secara garis besar bisa dikatakan bahwa kapitalisme adalah sebuah sistem yang mengacu atas kepemilikan pribadi. Kepemilikan ini lebih mengacu kepada hak atas benda-benda hasil produksi yang dimiliki oleh segelintir orang-orang para pemegang modal utama. Orang-orang ini disebut sebagai pemilik kapital. Karena uang didefinisikan sebagai kapital juga, maka uang juga termasuk barang yang bisa diperjualbelikan. Kapitalisme memiliki peranan sejarah yang sangat besar menggantikan sistem barter yang dulu dilakukan oleh nenek moyang kita.

thanks to howstuffworks: merchants on silk road

thanks to howstuffworks: merchants on silk road

Salah satu bentuk paling awal dari kapitalisme adalah merkantilisme. Sesuai dengan namanya, merkantilisme adalah sebuah paham ekonomi yang mengacu pada pencarian profit atas hasil penjualan barang dagangan dalam skala besar. Paham merkantilisme pada awalnya muncul pada masa kerajaan Romawi. Saat Romawi mengekspansi Eropa, paham ini menyebar dengan luas di sana. Namun sejak kejatuhan Romawi, merkantilisme hilang di Eropa dan digantikan sistem ekonomi feodal. Lain cerita dengan Arab, semenanjung ini masih mempertahankan paham merkantilisme di sana. Saat itu semenanjung Arab melakukan transaksi jual beli dengan Mesir, Persia, dan Bizantium. Puncaknya, begitu Islam muncul pada abad ke-7, paham ini dengan cepat menyebar luas ke Spanyol, Portugal, Afrika Utara, dan Asia. Saat itulah Eropa kembali menganut paham yang dahulu sempat mereka lupakan.

Seiring dengan berjalannya waktu, pada abad ke-16 di Eropa merkantilisme berkembang menjadi kapitalisme. Sehingga tidak heran prinsip-prinsip pada kapitalisme sebetulnya tidak jauh berbeda dengan merkantilisme. Walau begitu pada ranah praktis, kapitalisme bisa dikenali atas ciri-ciri kegiatannya. Pertama, akumulasi berbagai macam produksi dimiliki oleh sedikit orang. Kedua, pekerja cenderung bekerja untuk mendapatkan gaji bukan untuk kepentingan membuat sebuah produk. Ketiga, hasil produksi dan pekerja diperhitungkan sedemikian rupa sehingga didapatkan profit yang diinginkan. Dari ciri-ciri ini tidak heran Karl Polanyi menyebutkan kapitalisme sebagai ranah kegiatan ekonomi yang menyentuh komoditas-komoditas abstrak: tanah, pekerja, dan uang.

Secara sederhana kita bisa katakan bahwa merkantilisme adalah sebuah kegiatan ekonomi yang didasari oleh para pelaku kegiatan yang bekerja untuk diri mereka sendiri dengan menghasilkan barang dan/atau mendistribusikan barangnya sendiri untuk mencari keuntungan. Adapun kapitalisme adalah sistem ekonomi terpadu dengan komando di atasnya untuk membuat dan/atau mendistribusikan barangnya dengan pola pembagian kerja yang terpisah-pisah. Konsep seperti ini tidak bisa disangkal menguat setelah munculnya revolusi industri di Eropa pada abad ke-18. Revolusi industri benar-benar merubah cara hidup manusia seutuhnya. Terlebih ketika mesin industri semakin menyebar luas pemakaiannya di Eropa.

Mesin industri membuat hasil produksi menjadi berlipat-lipat banyaknya. Akan tetapi produksi massal sebuah jenis produk tertentu, tidak bisa dipungkiri lagi, akan melalui berbagai macam proses pembuatan yang cukup kompleks. Konsekuensinya dibutuhkan pekerja yang banyak dan lebih terampil dalam mengoperasikan mesin-mesin tersebut. Sehingga tidak mungkin seseorang mengerjakan semua proses yang dilakukan seluruh mesin itu sendirian. Maka dari itu pengelompokan pekerjaan menjadi sangat lumrah. Terlebih populasi penduduk semakin meningkat seiring dengan adanya revolusi industri. Jiwa kepemimpinan, enterpreneurship, menjadi salah satu komoditas sesungguhnya yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pengadaan mesin, proses produksi, pengaturan pekerja, menjadi bidang-bidang yang wajib dikuasai oleh para pengusaha. Kapitalis adalah sebutan terhormat untuk para pengusaha yang bergerak di bidang produksi massal saat itu. Sampai di sini, kapitalisme lebih mengacu kepada cara kerja yang dilakukan oleh orang-orang pada masa itu.

Dari kapitalisme inilah muncul ilmu-ilmu terapan baru. Manajemen adalah salah satu ilmu yang cukup mencolok berkembang saat itu. Misal, untuk mencapai hasil paling efisien dalam melakukan kegiatan produksi, F.W. Taylor menganggap ada cara kerja paling efisien dalam bekerja. Sehingga muncul istilah waktu standard dan gerakan-gerakan standard bekerja. Di sini manusia terlihat dianggap sebagai mesin. Pemahaman seperti ini disebut dengan pendekatan klasik. Selanjutnya eksplorasi lebih lanjut dilakukan oleh Elton Mayo, di mana dia menemukan secara tidak sengaja bahwa faktor psikososial adalah salah satu faktor utama yang berpengaruh terhadap kinerja pekerja. Paham ini disebut paham neo-klasik. Selanjutnya, Joan Woodward menemukan bahwa lingkungan juga ikut berpengaruh terhadap kinerja yang dilakukan oleh para pekerja. Pendekatan pemeningkatan kinerja semacam ini dikenal dengan pendekatan modern. Sampai di sini kita tahu bahwa, semua pendekatan ini dilakukan untuk mencari cara produksi atau berekonomi yang stabil dan seefisien mungkin dengan memanfaatkan tenaga para pekerja.

thanks to exquisitesafaris: creative capitalism

thanks to exquisitesafaris: creative capitalism

Lalu di sisi manakah kapitalisme sangat dipertentangkan oleh beberapa pihak? Kapitalisme sebetulnya dipertentangkan dari sisi pemegang kapitalnya, di mana hirarki yang ditimbulkan cenderung bersifat feodal. Walau begitu, hirarki kepemilikan kapital pada dasarnya selalu muncul di sistem perusahaan manapun. Di mana ada pemilik ada pekerja. Hirarki organisasi sangat dibutuhkan untuk mengatur koordinasi dan mencari efisiensi dalam menjalankan kegiatan ekonomi suatu perusahaan. Sehingga sudah bisa dipastikan untuk perusahaan dengan skala menengah dan besar akan selalu menggunakan sistem semacam ini, mengingat produksi yang dihasilkan akan selalu berjumlah banyak. Berbeda dengan usaha dengan skala kecil, seperti misalnya toko biasa yang sangat mungkin strukturnya hanya terdiri atas seorang pemilik atau beberapa pemilik. Sehingga model merkantilisme akan sangat cocok dijalankan pada usaha semacam ini. Walaupun ada juga model ekonomi yang menentang sistem kapitalisme saat itu, yaitu sosialisme, namun kapitalisme sendiri sebetulnya bisa dipandang sebagai subset teknik berekonomi di antara berbagai macam teknik berekonomi lainnya. Sehingga, tidak mungkin kita menyamaratakan semua jenis usaha menggunakan prinsip kapitalisme. Karena kita sendiri yang menentukan apakah usaha kita membutuhkan sistem ini atau tidak.

Dengan kata lain, kapitalisme dan merkantilisme sebetulnya tidak lain adalah cara kerja suatu perusahaan dalam mengelola kegiatan yang dijalankannya. Jenis kegiatan seperti ini adalah kegiatan fundamental yang akan dilakukan oleh siapapun para pegiat ekonomi. Sehingga, rasanya kurang pas jika kapitalisme selalu diidentikkan dengan suatu grup yang berkonotasi dengan hal-hal negatif. Karena kapitalisme bukanlah teknik yang dimiliki oleh suatu grup tertentu, karena semua pihak pada dasarnya memiliki teknik ini. Sehingga apakah benar kapitalisme membawa kehancuran? Tidak jika diterapkan pada perusahaan yang memang membutuhkan sistem ini. Jika anda seorang pemimpin perusahaan elektronik multinasional yang memiliki banyak pekerja di berbagai belahan dunia, maka sistem semacam ini tidak bisa dihindarkan oleh perusahaan anda. Akan tetapi jika anda bergiat di UKM, maka kapitalisme rasanya bukan sistem yang cocok anda terapkan di perusahaan anda.

Terakhir sebagai catatan, banyak negara yang menerapkan sistem ekonomi campuran. Amerika sekalipun, walaupun terkenal dengan sebutan negara perdagangan bebas, pemerintah Amerika masih melakukan kebijakan proteksi dalam negeri atas kegiatan perdagangan yang dilakukan oleh penduduknya. Bailout dan Cina merupakan salah satu contoh paling nyata sikap pemerintah Amerika terhadap paham ekonomi campuran yang dianut.

Yin Yang, you rocks!

Now, I am in love in yin yang philosophy. Very very very in love… (:

thanks to avatars: Yin Yang

thanks to avatars: Yin Yang

Thaught.

Here I give you a notification that I will write down about this philosophy later, but soon. This thing is very beautiful, matching with my view points, answering much of my wonderness about this world, understanding other people, and may be this is what I think as part of my life way. Sorry, I have no tendecy to describe something extrapolated or somewhat.

For hedonism and the things, I prefer to lock up with one fave quotation. “Work Hard Play Hard!”

Ahahah… 😀

Kanken dan Kanji Freaks

Hi guys, sebelumnya minta maaf kalau postingan saya kali ini roaming untuk sebagian dari kalian. Dan gua akui~, ini salah satu postingan tergeje saya karena saya sadar sebagian besar orang yang saya temui adalah orang-orang yang berbahasa Indonesia. Why? Karena malem ini entah kenapa gua gatel pingin berautis ria dengan bahasa Jepang. ==’ Topik yang lama sekali tidak saya bahas semenjak saya masuk kuliah. Dan saya lagi pengin cerita tentang kanken (abbr. Nihon Kanji Nouryoku Kentei 日本漢字能力検定 a.k.a. sejenis TOEIC bahasa Jepang khusus bagian reading). Dan memang pangsa pasar topik ini adalah bagi mereka penikmat kanji. Yah, semoga saja ada orang yang sejalan dengan saya yang nyasar ke sini karena berhubungan dengan topik ini. Wkwkwkwkwk…

OK, let’s start~!

thanks to foxeo: 250 ManNin no KanKen

thanks to foxeo: 250 ManNin no KanKen

Dulu pas SMA, pas lagi pede-pedenya baru khatam ngapalin Touyou Kanji 当用漢字 dan beberapa Jouyougai 常用外, beuh~ saya lagaknya nggak ketulungan. Untuk menjaga image, setiap kali ngeliat tulisan berbentuk sejenis cacing, saya akan selalu berusaha untuk tidak memandang deretan huruf itu terlalu lama dan sesegera mungkin memandang ke arah lain dengan harapan saya sudah paham apa yang dimaksud tulisan geje itu. Walau sering banyak nggak pahamnya. Wkwkwkwkw… Dodol banget dah.

Sampai akhirnya ada orang yang ngenalin ke saya maenan yang namanya kanken. Dan iseng-iseng saya mencoba membaca soalnya yang tersedia di situs resminya di sini. Jrerereng~! Berikut reka ulangnya jika dijadikan percakapan.

“Eh, ada ya test laen selain Nouryoku Shiken 能力試験 (red, kalau tadi sejenis TOEIC, ini sejenis TOEFL)?”
“Lah, ini kan juga Nouryoku Shiken, cuman khusus Kanji doang”
“Coba liat~”

Saat itu di pikiran saya 2000 kanji Jepang itu sudah sangat wah untuk dipakai (NB. kalau China 3000 kanji). Dan dengan semangat kepedean yang luar biasa saya coba baca testnya. Berikut adalah baris pertama yang agak sangat membekas di ingatan saya pada hari itu.

漢検 平成11年度 (1999年度) 第3回 文部省認定 日本漢字能力検定 試験問題

artinya kira-kira: Soal Ujian Kanken Ketiga Thn. 11 Heisei (1999) – Sertifikasi Kementrian Pendidikan

Disusul dengan instruksi seperti ini

(一) 次の傍線部分の読みをひらがなで記せ。1~15は音読み、16~30は訓読みである。

artinya kira-kira: Kasih cara baca hiragana untuk yang digaris (red, di post ini saya kasih warna merah). 1~15 on’yomi (red, cara baca derivatif China), 16~30 kun’yomi (red, cara baca Jepang).

Sampai di sini saya rada mengernyit. Karena terlalu banyak huruf hiragana yang menurut saya sangat redundan. Pikir saya saat itu masak test kanji nggak serius gini nulis kanjinya. Kalau dengan metode sotoy, harusnya instruksi di atas ditulis dengan lebih efisien sebagai berikut.

(一) 次の傍線部分の読みを平仮名で記せ。1~15は音読、16~30は訓読である。

Okelah, saya anggap instruksi soal di sana adalah instruksi yang ditulis dengan ejaan yang baik dan benar. Kemudian saya langsung baca soal pertama.

問1 1

問1 1

Spontan mulut saya ternganga nggak tahu harus ngomong apaan. (Bagi anda yang paham tulisan Jepang pasti paham perasaan saya kenapa saya ternganga. ^^;) Bener-bener di luar dugaan. Instruksi soal yang ditulis dengan innocentnya bak anak SD kebanyakan, ternyata dengan suksesnya menipu isi soal sebenarnya. Terbengong saya membaca sepenggal kalimat yang nongol di pojok kanan sendiri dengan jumlah huruf nggak lebih dari 8. Alamakjoooongggg….!

“Kanji apaan nih?! (o_O;)”
“Tralala banget kan?”
“Bwahahahahahaha!!!”

Spontan saya ngakak dengan lebaynya.

Soal 1; hanya satu kata yang saya tahu cara bacanya, tayoru 頼る. Btw, walau saya agak bisa menerka-nerka arti dua kata di depan, saya benar-benar belum pernah melihat huruf-huruf itu digandeng sedemikian rupa sehingga cara bacanya bener-bener unidentified. Ini huruf di depan ini miko 巫女… Terus 覡 ini dibaca gen gitu? 巫覡 = migen? Lah, tapi kan miko itu cara baca trivial. Terus 詫 ini dibaca wabi atau taku? 詫宣 = wabisen atau takusen? Bukannya takusen itu tulisannya 託宣 gini ya?

OMG, saya malah merenungi huruf-huruf yang nggak ditanyakan soalnya. Karena penasaran saya coba melihat 29 kalimat sisa di sebelah kiri.

問1 0230

問1 0230

Oh Tuhan… Saya cuman bisa bengong dan melotot. Blas~… Gatot! Gagal total~, nggak ada yang yakin gua bisa baca kata-kata yang warna merah itu. Saya pun tobat saat itu tidak akan sombong lagi. Wokwokwok… Dan semakin ke bawah soalnya semakin geje segeje-gejenya. Kanji-kanji sebelum PD II keluar juga.

Berikut instruksi-instruksi selanjutnya bin geje bin membosankan bin monoton dengan tema yang nggak jauh-jauh amat. “Coba tebak huruf kanji dari huruf kata-kata yang ditulis katakana ini.” “Coba tulis kanji versi jepang dari kata-kata ini.” “Coba cari huruf yang seharusnya bisa ditulis pake kanji versi lama.” “Ini bacaannya apa?” “Coba tulis kanjinya dari dua kata homofon ini.”

Dan ini contoh soal homofon.

卒寿を超してなおカクシャクとしている。
カクシャクたる陽光が輝く。

Jawabannya, kalau yang pertama, カクシャク = 矍鑠. Adapun yang kedua, カクシャク = 赫灼. Begitulah kata kunci jawaban.

Hih~! Kalau yang ini artinya aja gua nggak ngerti. -_-”

Soal bagian jukujikun ama ateji 熟字訓・当て字 (red, huruf-huruf yang klo ketemu sama huruf-huruf tertentu jadi trivial bunyinya) juga nggak nanggung-nanggung tingkat kedodolannya. Berikut adalah kunci jawaban soal yang menurut saya lumayan berkesan.

熟字訓・当て字

熟字訓・当て字

Yap, jukujikun ama ateji adalah episode pemaksaan cara baca kanji yang menurut gua paling tralala dibanding pemaksaan cara baca kanji-kanji yang lainnya. Untuk bodo-bodoan, seinget gua, 鳳 dibaca ootori atau hou, dan 梨 bisa dibaca nashi atau ri. Jadi, seharusnya 鳳梨 paling nggak dibaca houri. Dan gua nggak tahu siapa yang duluan ngasih ide 鳳梨 dibaca sebagai painappuru a.k.a. pineapple versi katakana. ==’ Kemudian 善知鳥. Seinget gua nggak ada satupun on’yomi yang memungkinan untuk membaca 善 = u, 知 = to, 鳥 = u. Seharusnya, 善 = zen, 知 = chi, 鳥 = chou. Atau kalau maksa, 善知 = u, 鳥 = tou. Tapi, kalau mau konsisten harusnya kan tou ditulis pake huruf shima 島. Ntah vava. ==’ Dan terakhir, mil, satuan jarak, ditulis dengan 哩. Padahal akan lebih terasa oriental jika tetap dibaca sebagai ri, bukan dibaca versi inggris katakananya, mairu. Tapi ntah vava juga. Mengingat kanji 瓩 ini dibaca sebagai kiroguramu a.k.a kilogram dan 糎 dibaca sebagai senchimetooru a.k.a centimeter.

Lebay tralala nih test. Maniak doang keknya yang doyan test-test beginian. Dan belakangan saya mahfum, soal yang ditunjukkin ke saya itu memang soal buat para kanji freak level 1.

Berdasarkan definisi; Level 1: Menguasai 6000 kanji, baik berbagai macam versi cara baca on dan kun, dan tahu penggunaan paling tepat dalam kalimat. Level semi-1: Menguasai 3000 kanji, tralala dan tralala. Level 2: Menguasai kanji SD, SMP, dan SMA, tralala dan tralala. dst… dsb… dll… Level 10: Menguasai kanji kelas 1 SD.

Waow~… Yang bikin orangnya gimana ya. ==’

Dan berikut adalah skrinsyut contoh soalnya.

Page 1 Question

Page 1 Question

Dan ini jawabannya.

Answer

Answer

Dan kembali ke soal 1. Jawabannya; 巫覡 = fugeki.

OK… fugeki dan migen itu jauh sekali bedanya kalau didengar…

Pelajaran yang saya dapat di sini adalah, mari kita buang sampah pada tempatnya… ==’ Emmm, salah… Yang bener, walau paham maksud dan arti suatu kata, tapi belum tentu tahu gimana cara bacanya. Dan satu lagi, jangan percaya dengan cara baca kanji on’yomi parsial (walau kadang-kadang boleh juga sih). Terbukti, 覡 tidak sama cara baca on’nya dengan on milik 現. Dan test ini akan terus mempermainkan ingatan dengan kanji-kanji mirip yang sama sekali nggak persis cara bacanya. Btw, nice try wae lah.

Dan saya masih belum kebayang jika yang keluar kanji 生. Down lah kalau yang ini.

きる = ikiru
い立つ = oitatsu
徒 = seito
中継 = nama-chuukei
= sesshou
える = haeru
む = umu
= mibu
花 = ikebana
= tanjou



dll

Hah… Menurut saya, kanken memang tampaknya mengasyikkan. Tapi khusus untuk level semi-1 dan level 1, tampaknya itu semacam game kuat-kuatan menghapal kanji. Dan, kanji Jepang sendiri menurut saya sudah cukup menyiksa untuk dihapalkan 2000 huruf ke atas. Jadi yah… ahahaha… bagi kalian yang pengguna kanji baik China maupun Jepang, apresiasilah kanji sewajarnya. Toh kanji juga akhir-akhirnya akan kita nikmati sebagai “cerita bergambar”.

Oh, gua barusan nemu video asyik buat yang lagi belajar kanji Jepang. Lumayan buat refreshing 1945 kanji-kanji dasar yang dipakai sehari-hari.

😆

Dan bagi yang lagi ngejar kanken level 1, ini daftar 6355 kanji yang bisa dipakai buat jaga-jaga. List (+bonus the most complex kanji ever) >>

Continue reading

Euphoria::predict.lastTerm();

Hari ini (semoga) menjadi hari terakhir perkuliahan saya di ITB.

Udah 4 tahun cuy!

Hahaha…

Nggak jelas nih postingan saya. LOL

OK, semoga semuanya berbahagia sahaja.

Saya bakal merindukan kalian semua teman-teman.

Ketika kalian sudah nggak tahu lagi entah mencar ke mana.

Semoga bisa ketemuan lagi dalam keadaan ketawa-ketawa seperti saat kuliah. 😀

Be the best lah guys!

gejegejegejegejegejegeje

thanks to kmastion yang sudah meminjamkan (:

Tugas 8 Kuliah KI – Mencari Identitas di Facebook

Sebetulnya, ini salah satu soal sulit yang saya temui. Alasan pertama, facebook itu sangat free access. Otentifikasi imel palsu, daftar sekali, dan melakukan attack adalah cara paling aman untuk melakukan attack. Selain itu, mengakses facebook bisa dilakukan di mana saja, terlebih belakangan ini modem usb menjadi sangat populer. Account provider modem pun sudah banyak yang dipakai beramai-ramai. Sehingga kondisi ini tampaknya sudah sangat mirip dengan yang dikisahkan pak Budi tentang bandit Amerika melawan kereta uap.

Namun, ada beberapa hal yang bisa dipakai untuk menjebak psikologis pelaku kejahatan. Pertama, pelaku kejahatan biasanya ingin melihat hasil kejahatannya. Hasil kejahatannya tentu saja memerlukan login dari yang bersangkutan. Dan friend list biasanya hanyalah dari orang yang diattack. Sehingga track back friend list dari siapa teman pelaku kejahatan akan sedikit mustahil untuk dilakukan.

Di facebook, ada layanan update status dari teman. Jika pelaku kejahatan menyerang katakanlah si A, maka sudah pasti dia akan selalu melihat aktivitas terakhir si A.

Ada banyak ide untuk menggiring sang pelaku untuk mengklik sebuah link. Taruhlah link dengan promosi-promosi yang sangat kontroversial, seperti situs porno, atau berita heboh dari media terkemuka, akan sangat menggugah untuk diklik. Namun jika sekadar link, maka hal tersebut tentu saja tidak akan membuahkan hasil, setidaknya IP pelaku kejahatan. Penggunaan seperti image.php atau link-link sejenisnya akan membuat pelaku waspada berkali-kali sebelum dia mengklik link tersebut. Tentu saja jika pelaku orang yang paham seluk beluk kuda troya versi maya.

Salah satu ide yang sempat terpikirkan adalah, membuat link dengan promosi senatural mungkin. Misal, kita ingin seakan-akan memberitahukan kepada teman-teman kita tentang kejadian yang baru saja terjadi namun luput dari perhatian pelaku kejahatan bahwa itu jebakan.

Teman-teman xTB561, foto-foto skandal terbaru antara YYY dan ZZZ bisa segera diamati dan dieksekusi di link berikut! Sumpah! Gak nyangka YYY ternyata… (isi sendiri) Ditunggu cendolnya gan~ Ahahahakz-hahakz…

Di mana, YYY, ZZZ, xTB561, adalah nama-nama asli yang sangat kita kenal di dunia nyata. Lalu, beri tautan yang sudah mengalami shortened dari situs-situs penyedia shortening link di internet.

minilink trick

minilink trick

Sehingga kita bisa melakukan tautan umum di facebook setidaknya sebagai berikut.

tautan umum

tautan umum

Jangan lupa untuk mengedit judul yang dijadikan tautan.

Dengan begini diharapkan pelaku terjebak dengan link yang sebetulnya menjebak dia. Walau mungkin, teman-teman kita yang asli bakal mengklik link itu juga. Setidaknya masih ada kemungkinan untuk mengejar IP pelaku kejahatan.

Sekian laporan Tugas KI. Semoga bermanfaat. ^^