Jangan Pikir Rakyat Bodoh?

Oke, ini biasanya statement yang muncul di dunia perpolitikan dan media massa. Biasanya ada kasus, terus komentarnya biasanya model-model begitu.

Nah, saya sebetulnya agak tergelitik mengomentari sanggahan seperti ini di forum-forum. Entah mengapa sanggahan ini terkesan defensif terhadap sesuatu walau mungkin itu bagus untuk “rakyat” atau jelek untuk “rakyat”. Walau definisi “rakyat” di sini kurang jelas juga sih. Cuman, statement seperti ini bisa dibalik lagi jadi seperti ini.

Oke, tidak semua rakyat bodoh. Terus, kalau tidak bodoh apa keuntungannya?

Keuntungannya adalah statement berikut:

Yang katanya orang pintar aja bisa dibohongi, terus yang katanya orang bodoh bisa diapain dong?

Eeee… itu bukan keuntungan juga sih. Jadi, entah mengapa statement “Jangan pikir rakyat bodoh” terasa non-sense di telinga dan mata saya.

Sekian politika hari ini. Have a nice day! 😀

Advertisements

sebulan di Jakarta: hari cieee-cieee sedunia

Pada dasarnya saya orang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Saya suka punya teman baru geng baru atau semacamnya. Tapi tidak sama suhu. (@.@;)

Sorry lebay, karena aslinya saya besar di lingkungan dengan suhu cukup tinggi, daerah pesisir Jawa Timur, Banyuwangi. That’s very damn hot! LOL Ahahaha… Pas masih SMA suhu setinggi itu saya anggap biasa. Tapi sejak saya pindah ke Bandung, saya jadi rada manja sama urusan suhu menyuhu. Maklum saya bener-bener jatuh hati sama Bandung. Bandung is very beautiful. Akibatnya kalau saya pulkam, biasanya 20 hari pertama saya habiskan dengan tidur-tiduran nggak pake baju buat menetralisir keringat yang keluar jor-joran (btw, gua masih pake celana kok :”>). Mandi 5 kali sehari pun hayu-hayu wae. Dan selepas masa-masa penyetelan ulang adaptasi suhu pun, biasanya saya masih males pake baju. Di mobil pun saya masih nggak pake baju. Ahahaha…

Dan sekarang, saya ada di mana? Saya ada di Jakartah sodara-sodara! #berasaGaul. Tapi doh, kotanya cui, masya Allah sekali. Kesenjangan sosialnya tinggi beut dah. Hawanya juga luar biasa sekali, jarang pohon. T.T Orang-orangnya juga ramahan di Bandung. Lalalala pokoknya. Saya dehidrasi yang jelas. Walau di kantor pake AC, di kosan, saya cuma bisa mengandalkan AC alami a.k.a. angin. Pokoknya gua harus beli AC dulu ntar klo mo bangun rumah di sini. … Eh …, nggak jadi deng, gua bangun rumah di Bandung aja deh. Ahahahaha…

Begitulah dan demikian.

Jadi, ceritanya, saya klo udah di kosan bete abis. Kantor jauh lebih menyenangkan (ya iyalah, ada AC, ada internet, …, ada apa lagi ya, LOL). Persis sebelah kantor ada mall. Ini sama anak-anak biasanya disebut jalur gaol. Puji Tuhan sekali, ada toko bakso seharga 30 rebuan. Mirip cerita di Surabaya, ada toko gado-gado seharga 50 rebu. Jadi di jalur gaol ini, kita sering beralay ria berjalan bergerombol. Tapi jarang makan di jalur ini juga sih. Karena ada jalur yang lebih tradisional dan lebih bersahabat di kantong. :”> Oh ya, gua lupa, divisi gua itu klo gua liat-liat divisi paling kompak deh. Kemana-mana selalu ngegeng. Ahahaha… Udah kek anak bebek aja klo mau makan siang.

Yang jelas, gua mulai mencintai (#bahasanya ~.~) keluarga baru gua. Orang-orangnya asik. Selain itu, kebiasaan kuliah gua nggak bisa ilang juga di sini karena suasana di divisi gua juga membantu mempertumbuh suburkan kebiasaan ini. Apakah itu? Tidak lain dan tidak bukan “cieee-cieee”. Setiap kejadian dan event selalu bisa dispot dengan kata-kata “cieee”. Emang, tiada yang lebih nikmat selain ngegoda orang buat cepet kawin (walau kasus non-kawin pun bisa dicieee-cieee-in juga). Wkwkwkwkw… Hari cieee-cieee sedunia keknya perlu gua canangkan di sini deh.

Tapi itulah, saya jadi kehilangan keremajaan kulit saya #7tandaPenuaan maka dari itu #olayPleaseHelpMe. 😥 Seorang kawan berkata, “gi, loe kecapean kerja ya? kok raut wajah loe lelah gitu.” Itulah. Gua dehidrasi. Berlebih. (#_#) Ntar deh gua beli m*izone atau ke mens skin center. Ada yang mau nemenin? Huahauhauhau… :p

Sekian postingan labil saya kali ini.

Those Days ==’

Hai blog, apa kabar? Saya baik-baik saja lho. Jadi semoga kamu baik-baik saja juga. Hehehe…

Btw, postingan labil saya kali ini adalah tentang kondisi psikis saya belakangan ini. Saya sedang dalam state bahagia, nyaman, dan merasa alim. *halah. ==’ Tapi dalam waktu bersamaan, saya sedang dalam keadaan guilty luar biasa. Mungkin karena sayanya yang kurang peka dengan keluarga saya sejak beberapa bulan akhir. Misal, orang tua yang menyuruh saya pulkam tapi saya malas pulkam. Sebetulnya saya saat itu pengen pulkam, tapi karena beberapa hal yang membuat saya harus di Bandung, saya tidak menyempatkan diri untuk pulkam cepat. Maunya sih kasih kejutan pulkam tiba-tiba.

Dan rasa malas pulkam saya itu terbayarkan ketika saya mendengar berita bahwa papa saya harus ke surabaya buat operasi. Aaaaaaaa~~~ T.T

Gimana ya. Saya tahu papa saya sakit belakangan ini, dan saya benar-benar tidak tahu kalau sakitnya memarah sejak bulan lalu. Dan kabar opname papa saya justru tidak diberitahukan oleh mama. Tahu-tahu udah diopname aja.

Saat itu saya sadar, mungkin mama saya tidak ingin membuat saya khawatir berlebih dengan kondisi ayah saya sehingga saya bisa menyelesaikan urusan saya dengan lancar. Di sini saya jadi sadar betapa egoisnya saya terhadap keluarga saya sendiri. Saya bersenang-senang, sedangkan papa saya sedang berjuang dengan penyakitnya. What the heck! Anak macam apa saya ini…

Ya Tuhan, maafkan saya yang egois. I am really fucking egoist.

Dan sistemiknya, saya jadi teringat banyak atas sikap egois saya selama ini. Dengan teman-teman, dengan guru, dengan saudara-saudara saya. Beberapa bilang dengan gamblang bahwa saya sombong. Walau saya tidak bermaksud, tapi tanpa sadar sikap sombong muncul sendirinya sebagai sikap defensif sebagai tameng bersosialisasi. Oh God, is this my life?

Tampaknya saya harus belajar lebih banyak lagi tentang hidup dari setiap orang yang saya temui.

Tapi syukur alhamdulillah, sekarang papa sudah baikan. Sorry ya pa, Agi njenguknya telat. T.T

Oke, sekian postingan labil saya. Doakan saya jadi anak yang berbakti kepada Tuhan, orang tua, nusa, bangsa, almamater, dan semuanya. 🙂

Korelasi Insomnia dan Tingkat 4

Hi my lovely sweety blog…! I guess (in fact) I miss you so much because of my no writing mood for a while. However, tonight, I even don’t know what I want to write about. Wkwkwkw…

Oya, saya sudah semester 8 loh a.k.a tingkat 4 di ITB. Adapun Tugas Akhir a.k.a TA, hehehe… saya juga sedang dalam keadaan struggle-strugglenya ngerjain. Dan Juni sudah semakin mendekat. Yang artinya, saat saya untuk off dari dunia kehedonan sehari-hari kampus sudah semakin dekat. Dan itu cukup membuat saya bersedih hati, karena saya akan meninggalkan kota yang saya jatuh hati kepadanya. Banduuuunnnngggggg~~~ T____T

we are to work

we are to work

OK, ntah vava. Gua sadar bener yang namanya hidup bakal ada turn pointnya juga. Dan kerja adalah sesuatu yang sudah cukup membuat saya insomnia karenanya. Hal ini berlanjut sampai beberapa bulan belakangan ini. Dan yang membuat gua lebih astratjwa lagi adalah, siklus hidup gua bergeser fasa 1/4 hari dari biasanya…

Dimulai dari acara kuliah yang jadwal efektifnya seakan 2-3 hari dalam seminggu, awalnya cukup membuat gua ngerasa kosong nggak ada kerjaan lagi. Kegiatan yang biasanya membuat kepala dan badan keringat dingin semester 7 ke bawah sudah nggak ada lagi. Tapi semenjak dapet tawaran untuk ngerjain beberapa hal di luar waktu kuliah, sekarang gua jadi punya night life yang gak pernah gua bayangkan di semester-semester sebelumnya. Dan bukan keringat dingin lagi yang keluar, tapi keringat darah gan~… (/T.T)/~ Oh Tuhan, kasihi aku…

Kebetulan saya dapet maenan buat ngerjain kalibrasi kamera dan rekonstruksi 3D di C. Btw ngomong-ngomong tentang 3D, saya jadi ingat kasus tentang on 3D topology tralalanya si mas yang ketahuan plagiat di IEEE. Komen? ==’ Dod*l bener nih orang, malu-maluin dan ngenodain reputasi ribuan orang yang ada di sini. Nyonteknya juga nggak kira-kira, di IEEE dong~… Ya ampun… Temen gua nyelutuk, “praktikan aja jauh lebih pinter daripada dia.” Jujur, gua rasanya sedih, marah, campur aduk dan ada ya orang kek gitu di fakultas gua. Mana gua lagi bikin paper lagi. Jadi nggak mood gua ngerjain paper. Pandangan pribadi dan lebih lanjut mengenai kejadian ini pengin gua ulas terpisah di tulisan gua yang lain.

Yop, kembali lagi ke topik awal. Maenan gua! Gua seneng banget dapet kesempatan buat ngerjain beginian. Seru, hot, adrenalinean, dan sejenisnya campur aduk jadi satu. Adapun maenan yang satu lagi yaitu LDPC. Gua juga seneng banget ngerjain beginian. Bahagia, terharu, bersemangat, dan sejenisnya campur aduk juga jadi satu. Gua malah sempat berpikir, wah besok kalau kerjaan gua beginian terus asik juga yak.

Tapi sodara-sodara, ada efek psikologis yang baru saya rasakan belakangan ini. Insomnia! Alamakjong… ==; Sebagai gantinya gua juga gak kaget tidur jam 6 pagi dan bangun jam 12 siang. Akibatnya, gua jadi jarang olahraga lagi. Hari-hari ini juga kepala gua rasanya pusing berat kalau dibuat gerak. Oh great, very kalong…

Dan satu lagi, setiap gua bangun tidur, makan, ke kampus, internetan, ngobrol, jalan-jalan, ataupun bengong, entah kenapa kepala gua seakan ada yang ngebisiki TA, TA, TA, dan TA…

OMG, super spooky~~~!!! ahahaha…

Sampai di sini gua mikir, keknya gua pengen ambil kerjaan yang bisa gua kerjain remote aja kali ye biar hidup gua agak tenangan dikit. Btw, semangat TA ya teman-teman.

😀

Tugas 4 Kuliah KI – Anatomi E-Mail

Pertama-tama, saya mencoba mengirimkan sebuah e-mail dari account saya di yahoo ke account saya di gmail. E-mail saya attach dengan 2 macam file.

File 1
Nama : Test.txt
Isi : Hello world!

File 2
Nama : Button_hide.png
Isi :

Kemudian saya coba baca imel saya lewat opera mail client.

Dan berikut adalah isi imel yang saya dapatkan.

Header

From agi_kakkoii@yahoo.com Fri Mar 12 01:40:02 2010 162
X-Opera-Status: 0500000000000000a24b999b7200000ef408020c8000000ec60000000000000002000000000000000000000000000000210000000000000000
X-Opera-Location: [Gmail]/&MFkweTBmMG4w4TD8MOs-:124
Delivered-To: agiprasetiadi@gmail.com
Received: by 10.216.47.136 with SMTP id t8cs142006web; Thu, 11 Mar 2010
17:39:58 -0800 (PST)
Received: by 10.114.162.40 with SMTP id k40mr1890438wae.99.1268357997778; Thu,
11 Mar 2010 17:39:57 -0800 (PST)
Return-path: <agi_kakkoii@yahoo.com>
Received: from web110602.mail.gq1.yahoo.com (web110602.mail.gq1.yahoo.com
[67.195.13.193]) by mx.google.com with SMTP id
10si1169517pzk.113.2010.03.11.17.39.56; Thu, 11 Mar 2010 17:39:56 -0800 (PST)
Received-SPF: pass (google.com: domain of agi_kakkoii@yahoo.com designates 67.195.13.193 as permitted sender) client-ip=67.195.13.193;
Authentication-Results: mx.google.com; spf=pass (google.com: domain of agi_kakkoii@yahoo.com designates 67.195.13.193 as permitted sender) smtp.mail=agi_kakkoii@yahoo.com; dkim=pass (test mode) header.i=@yahoo.com
Received: (qmail 10693 invoked by uid 60001); 12 Mar 2010 01:39:56 -0000
DKIM-Signature: v=1; a=rsa-sha256; c=relaxed/relaxed; d=yahoo.com; s=s1024; t=1268357996; bh=scaQPG4YK9yEccO7V2YY8ovN+r91Qwe3T6CjuCeplzo=; h=Message-ID:X-YMail-OSG:Received:X-Mailer:Date:From:Subject:To:MIME-Version:Content-Type; b=S0gzfa0Xx9a3Krn/yctL8DTPWeqdbVc8LRXSgGzFB074hoFQn+i2HcVHo25pUKGdnKjaurwaH5Ix5NlEvtO0IxhIMnGbJ6XCMHixg6k7dVPD1U0SBof267O7ck9UTK8hw2ZHaDp28rScJWmzeHnLvbkg+ifETW7B4tYIUO9LXlI=
DomainKey-Signature: a=rsa-sha1; q=dns; c=nofws; s=s1024; d=yahoo.com; h=Message-ID:X-YMail-OSG:Received:X-Mailer:Date:From:Subject:To:MIME-Version:Content-Type; b=ntzGCSuwb/rYLoMiHOiMwUndJ3GjS2nQkk/LnXHYCWDTt/uXaRnlj3KrQKWRXYcd9+iZYMjY33RiX5p4X0S9bX5IcpuDTUjHWlTAIIxwIbTxMYLY5Z1kpBtlMI8lMeB/7WM5Xwvdag20T7VgM1wPXWWt+2zv5Dglq9OqSqVOZiQ=;
Message-ID: <60989.9439.qm@web110602.mail.gq1.yahoo.com>
X-YMail-OSG: p3.1Z8YVM1lP.HDfFZJBjmx_Mw5XvpxZTUw4NZI7qST9buw J2KaY1mpCjai30cjAlEcnbEtT5S7ohl1q9_Wp.F6Rlc_VUc4GnO0adn9KTfI j7Uck3PjjzI25g3F0yCPw07OF1iiOgeXZjUPLVJXQr8bR7YrApdpfwDSFs0B PtiqR.qy_B4V8rmDTM85jRzP_ChH02x7mb4EpSkgceYL35eUuNJG0M8wgQsH 4CSgrVt7NKh5OxiMvFxGl3_wZTbUFd1WMhUlDYzPQmubVWCX_ZR6rog–
Received: from [203.148.84.125] by web110602.mail.gq1.yahoo.com via HTTP; Thu,
11 Mar 2010 17:39:56 PST
X-Mailer: YahooMailClassic/9.2.12 YahooMailWebService/0.8.100.260964
Date: Fri, 12 Mar 2010 08:39:56 +0700
From: “Agi Prasetiadi” <agi_kakkoii@yahoo.com>
Subject: Anatoni e-mail
To: agiprasetiadi@gmail.com
MIME-Version: 1.0
Content-Type: multipart/mixed; boundary=”0-1035877720-1268357996=:9439″

–0-1035877720-1268357996=:9439
Content-Type: multipart/alternative; boundary=”0-568047514-1268357996=:9439″

–0-568047514-1268357996=:9439

Ini adalah bagian merekam jejak trace bagaimana e-mail dikirim dan diterima sepanjang perjalanannya. Atau secara singkatnya, pada bagian ini alamat pengirim dan penerima dicatat di sini.

Body

Content-Type: text/plain; charset=us-ascii

hai~ ini test untuk melihat anatomi imel saya.

–0-568047514-1268357996=:9439
Content-Type: text/html; charset=us-ascii

<table cellspacing=”0″ cellpadding=”0″ border=”0″ ><tr><td valign=”top” style=”font: inherit;”><br>hai~ ini test untuk melihat anatomi imel saya.<br></td></tr></table><br>

–0-568047514-1268357996=:9439–

Ini adalah bagian di mana isi e-mail ditulis.

Attachment 1

–0-1035877720-1268357996=:9439
Content-Type: text/plain; name=”Test.txt”
Content-Transfer-Encoding: base64
Content-Disposition: attachment; filename=”Test.txt”

SGVsbG8gd29ybGQh

Ini adalah file Test.txt yang berisi Hello world tadi. File diencode dengan metode base64 agar file tidak bisa dibaca dengan mudah ketika disadap.

Attachment 2

–0-1035877720-1268357996=:9439
Content-Type: image/png; name=”Button_hide.png”
Content-Transfer-Encoding: base64
Content-Disposition: attachment; filename=”Button_hide.png”

iVBORw0KGgoAAAANSUhEUgAAABIAAAASCAYAAABWzo5XAAAAAXNSR0IArs4c
6QAAAAZiS0dEAP8A/wD/oL2nkwAAAAlwSFlzAAALEwAACxMBAJqcGAAAAAd0
SU1FB9gGEA4jO+jcJZIAAAAddEVYdENvbW1lbnQAQ3JlYXRlZCB3aXRoIFRo
ZSBHSU1Q72QlbgAAAHRJREFUOMutlDsOwCAMQ18sLsf9D0SXTi0Q88mCkC0T
OwoBNM4rCkBr+1oRAVDFpSoddUZdznAlLQ/v35LhPxX5CWV2Zjw5JAfXCnn2
iJygncC1Qp7h2gm2x5MTrLNCcqeTiZUbo0+tLS+tswLpd/Ke9VToATVrMbpI
inv6AAAAAElFTkSuQmCC

–0-1035877720-1268357996=:9439–

Dan ini adalah bagian e-mail yang menyimpan file png tadi. Satu hal yang mencolok di sini, png yang dikodekan dalam biner 8-bit menjadi sebuah pesan ASCII 7-bit seperti ini. Dengan kata lain, pada sistem e-mail, pengiriman dilakukan dalam ASCII, bukan dalam mode char 8-bit. Encoder dan decoder untuk merubah antara format char 8-bit dan ASCII 7-bit seharusnya dimiliki oleh hampir semua e-mail client standar.

Selain itu terdapat juga parser code untuk e-mail ini. –0-568047514-1268357996=:9439– digunakan sebagi pembatas header-body-attachment. Adapun –0-1035877720-1268357996=:9439 digunakan sebagai pembatas komponen-komponen yang lebih kecil yang berada pada header-body-attachment.

Sekian laporan saya. Terima kasih.